cara mengetahui versi linux mint yang kita gunakan

Kita mulai dari versi distro. Bagi pengguna Debian dan turunannya (Ubuntu, BlankOn, Linux Mint, dkk) pastilah sudah familiar dengan command line berikut ini.
lsb_release -a
Hasil dari perintah tersebut cukup lengkap untuk mengetahui informasi penting dari distro yang sedang kita gunakan.
Pada gambar di atas kita bisa melihat informasi mulai dari distributor, deskripsi, nomor rilis, hingga nama kode. Sayangnya tool ini tidak tersedia di distro berbasis Red Hat (Fedora, CentOS, dkk) sehingga kita harus mengecek dengan cara lain. Yaitu:
cat /etc/issue.net
atau
cat /etc/issue

Cek versi kernel


Perintah untuk cek versi kernel hampir sama di semua distro Linux karena merupakan tool standar. Perintah dasar untuk mengecek versi kernel Linux yang sedang digunakan adalah:
uname -a
Perintah uname jika dieksekusi dengan opsi -a akan menampilkan informasi yang lengkap tentang versi kernel hingga arsitektur mesin yang digunakan. Perintah ini dapat pula kita jalankan dengan opsi-opsi lain. Seperti:
uname -r
atau
uname -n
dan beberapa opsi lain seperti tampak pada screenshot berikut ini.

Jika sudah mengetahui versi distro dan kernel yang digunakan, maka kita dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya. Seperti misalnya apakah akan melakukan upgrade distro, update kernel ke versi terbaru, atau bahkan mungkin install ulang.
 
 

0 komentar:

Poskan Komentar