Peer2Peer Protocol Running Inside Your Web Browser


Jika dulu anda harus menginstall aplikasi khusus untuk Torrent, ke depannya, protokol HTTP akan dibuat lebih canggih lagi dengan kedatangan Fitur WebRTC, di mana hal ini akan membuka pintu untuk aplikasi peer2peer.

Dengan Torrent kecepatan download rata-rata bisa meningkat secara signifikan karena tidak dibatasi oleh server, jika anda mendownload dengan menggunakan Torrent, beban server akan dibagi-bagi pada banyak server/peer secara simultan. Semakin banyak seeders (penyedia) semakin cepat proses download anda selesai. Pengalaman kami, untuk mendownload ISO Ubuntu terbaru dari server Ubuntu di Indonesia membutuhkan waktu 5-10 jam karena server membatasi kecepatannya. Sedangkan dengan Torrent, download selesai -secara ajaib- dalam 15 menit !

Standar Web untuk WebRTC (Real Time Communications) tengah didevelop dan diujicoba setidaknya oleh 3 pemain yang telah lumayan dikenal, yakni Chrome, Opera, dan Firefox. Chrome telah mengeluarkan edisi trial/developer untuk fitur peer2peer video-sound communication yang memungkinkan kita untuk melakukan skype-call's type communication hanya dengan menggunakan web browser kita. Sedangkan Firefox menjadwalkan akhir Juni tahun 2012 ini untuk fitur tersebut. Yang menarik, Opera nampaknya berhenti hanya pada fitur Akses Video Camera dan Sound, namun kabar peer2peer belum muncul s/d sekarang. Mungkinkah Opera masih ragu karena seperti mengulang Opera United pada fitur terbaru ini ? Kita tunggu saja.

Saat ini, ya detik ini, WebRTC yang membahas draft kirim mengirim data teks dan binary antara 2 PC/Web Broser secara langsung, tengah digodok oleh team WebRTC. Yang sudah selesai pembuatannya adalah kemampuan web browser untuk mengirim stream video dan suara secara peer2peer.

Jika data teks dan binary bisa dikirim secara peer2peer implikasinya bisa sangat luas:
1. kirim-mengirim file secara peer2peer aka Torrent
2. free video-voice call between 2 web browser plus sending your text chat directly.
3. ALL KIND OF PEER2PEER APPLICATION yang bisa anda pikirkan: termasuk misalnya: membuat Web HOSTING dengan memanfaatkan peer2peer topology. Wow! Bisakan anda melihat arah internet ?

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar