Ciri Khas Arsitektur Yunani


arsitektur yunani kuno

IlmuPengetahuan.OrgArsitektur Yunani memang sangat terkenal dan tidak ada tandingannya. Pada saat bangsa Romawi menjadi penguasa pun juga banyak mengambil gaya arsitektur Yunani yang digunakan untuk bangunan-bangunan mereka. Bangunan tersebut terutama digunakan untuk bangunan kuil dewa-dewa bangsa Romawi.
pegunungan hymettusBeberapa peninggalan bangunan arsitektur Yunani bisa menjadi acuan untuk ciri khas arsitektur Yunani, yaitu bangunannya yang berupa kotak/kubus atau persegi panjang yang terbuat dari batu kapur. Untuk bangunan yang di istimewakan biasanya menggunakan batu marmer. Batu marmer ini berkualitas tinggi dan mahal, karena didatangkan dari tempat-tempat tertentu di Yunani, seperti Kota Attica dan pulau Paros. Selain dari beberapa tempat tersebut batu marmer ini juga sangat melimpah di pegunungan Hymettus dan Pentilicus di dekat Athena.
ephesus amphitheater YunaniDalam rancang bangunan, batu-batu tersebut dipahat membentuk kolom serta kubus. Pahatan-pahatan tersebut banyak digunakan untuk bangunan seperti kuil dewa-dewa Yunani. Dalam beberapa arsitektur bangunan publik, dibuat berbentuk panggung terbuka tanpa atap, karena masyarakat Yunani sering beraktivitas di luar serta didukung dengan iklim yang sejuk. Contoh arsitektur bangunan terbuka yaitu Amphitheater, yaitu tempat yang digunakan untuk pertunjukan.

0 komentar:

Poskan Komentar