Yang Gensi

ngsung ke: navigasi, cari
Ilustrasi Yang Gensi menerjang ke arah musuh dengan membawa bahan peledak
Yang Gensi (Hanzi:杨根思) (1922-1950) adalah pahlawan Tiongkok dalam Perang Korea, lahir di Taixing, Provinsi Jiangsu. Pertama kali masuk militer tahun 1944 dan tahun berikutnya menjadi anggota Partai Komunis Tiongkok. Dalam perang sipil Tiongkok beberapa kali mendapat penghargaan atas jasanya, dua kali mendapat gelar prajurit teladan. Bulan September 1950 ia mengikuti Konfrensi Nasional Pahlawan Perang yang diadakan di Beijing. Sebulan kemudian dia bergabung dengan pasukan sukarelawan Tiongkok untuk membantu Korea Utara dalam Perang Korea. Disana dia menjabat sebagai pemimpin kompi III, korps ke-172, divisi ke-58 dari tentara ke-20.
Tanggal 29 November 1950, Yang dan unitnya mempertahankan daerah Danau Changjin dari serbuan pasukan Sekutu. Mereka terkepung dan kalah jumlah dari musuh, selain itu amunisi juga hampir habis. Disaat-saat kritis itu, Yang menerjang ke arah bunker senapan mesin Amerika sambil membawa sekantong bahan peledak seberat 5 kilogram, dia menerobos ke dalam tempat itu dan meledakkan diri bersama empatpuluhan tentara Amerika.
Yang diberi penghargaan khusus untuk pahlawan perang secara anumerta. Sejak itu kompi III yang pernah dipimpinnya juga dikenal dengan Kompi Yang Gensi. Pemerintah Korea Utara pun menganugerahinya gelar sebagai pahlawan Korea Utara dan membangun sebuah monumen di tempat dia mengorbankan dirinya.

Sumber

  • (Tionghoa) Shi Liwen, Chaoxian Zhanzheng, Beijing: Zhongguo renmin jiefangjun luxian chubanshe (B.Mandarin)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Yang_Gensi

0 komentar:

Poskan Komentar