Pilar-Pilar Penting Chrome OS
Diposting oleh
Uus Saputra
di
11.01
Dalam kerangka kerja Google untuk membangun Chrome OS
terdapat dua teknologi baru yang belum pernah diterapkan sebelumnya,
yakni:
1. Native Client
2. O3D
Tujuannya sama yakni mengambil kekuatan komputasi komputer klien agar aplikasi web bisa berjalan lebih cepat dan setara dengan aplikasi desktop. Dengan mendaftarkannya sebagai patent, Google mengamankan teknologi ini dari klaim tertutup vendor lain. Dan membuat Chrome OS yang berstatus Open Source tetap Open Source.
Yang membuat berita ini layak masuk situs TeknologiTerbaru.com :
1. Teknologi Native Client dan O3D akan membuka terobosan di bidang Teknologi Informasi.
2. Program apapun bisa dimodifikasi untuk jalan di dalam browser anda. Sebagai contoh untuk program game Quake Arena hanya dibutuhkan waktu 2 hari untuk memodifikasi 100rb baris kode programnya agar bisa berjalan sebagai native client di browser manapun dan di operating system manapun.
3. Program Linux apapun bisa diporting ke native client yang memungkinkan program Linux bisa berjalan di Windows via web browser dan sebaliknya.
sumber
1. Native Client
Teknologi
ini memungkinkan web browser untuk menerima file binari yang bisa
dieksekusi langsung oleh operating system. Jika selama ini aplikasi web
terutama masih dikendalikan oleh Javascript, dan Javascript selalu lebih
lambat daripada program binari seperti Microsoft Office, maka dengan teknologi terbaru ini, aplikasi web terbitan Google yakni Google Docs akan bisa dieksekusi secepat pesaingnya.
Masalahnya,
teknik ini harus sangat hati-hati untuk diterapkan karena membolehkan
operating system untuk mengeksekusi program berarti sama halnya dengan
membuka peluang eksekusi program yang tidak dikehendaki alias virus dkk.
Karena itu metode sandboxing menjadi pilihan pertama teknologi ini agar
program yang dijalankan tetap terpisah dari sistem operasi klien.
Teknologi
kedua memungkinkan web browser mengakses kartu grafis di komputer klien
agar aplikasi web bisa menampilkan grafis resolusi tinggi seperti
halnya aplikasi desktop. Selama ini aplikasi web masih dibatasi mengakses kartu grafis melalui plugin seperti Adobe Flash plugin dll. Dengan teknologi O3D, maka dimungkinkan memainkan game kelas berat seperti 3D Arena dll langsung dari web browser.
Tujuannya sama yakni mengambil kekuatan komputasi komputer klien agar aplikasi web bisa berjalan lebih cepat dan setara dengan aplikasi desktop. Dengan mendaftarkannya sebagai patent, Google mengamankan teknologi ini dari klaim tertutup vendor lain. Dan membuat Chrome OS yang berstatus Open Source tetap Open Source.
Yang membuat berita ini layak masuk situs TeknologiTerbaru.com :
1. Teknologi Native Client dan O3D akan membuka terobosan di bidang Teknologi Informasi.
2. Program apapun bisa dimodifikasi untuk jalan di dalam browser anda. Sebagai contoh untuk program game Quake Arena hanya dibutuhkan waktu 2 hari untuk memodifikasi 100rb baris kode programnya agar bisa berjalan sebagai native client di browser manapun dan di operating system manapun.
3. Program Linux apapun bisa diporting ke native client yang memungkinkan program Linux bisa berjalan di Windows via web browser dan sebaliknya.
sumber
0 komentar:
Posting Komentar